Langsung ke konten utama

Masihkah Menyukai Maksiat?

oleh: Ust. Mashadi,Lc.

Betapa banyaknya diantara manusia yang menghiasi hidupnya dengan maksiat. Tidak ada rasa takut, saat dimana kematian datangnya, dan dalam keadaan berlumuran dengan perbuatan maksiat. Betapa nasibnya kelak di akhirat, jika hidupnya selalu dihiasi dengan perbuatan maksiat.
Tetapi, sesungguhnya Allah Rabbul Alamin memerintahkan Nabi-Nya memohonkan ampunan bagi Mukmin. Allah berfirman:
الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ
الْجَحِيمِ ﴿٧﴾ رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدتَّهُم وَمَن صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ ﴿٨﴾ وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ وَمَن تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ
وَذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ ﴿٩﴾
"(Malaikat-malaikat) yang memikul Arasy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan), 'Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu
Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, dan peliharalah mereka dari  (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari  (pembalasan) kejahatan pada hari itu, maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar'." (QS. Al-Mukmin [40] : 7-9)
Itulah sebentuk do'a Malaikat bagi orang Mukmin yang bertaubat dan mengikuti ajaran al-Qur'an serta sunnah Rasul-Nya yang merupakan dua jalan keselamatan bagi mereka. Sementara itu, ada orang-orang yang mempunyai 'hobi' melakukan maksiat, tanpa tahu memahami akibatnya yang timbul dari hobinya itu. Maksiat telah menimbulkan bahaya yang besar bagi para pelakunya. Di antaranya:

Pertama, maksiat telah menimbulkan kerusakan bermacam-macam di muka bumi.
Pengaruh perbuatan maksiat dapat menimbulkan kerusakan di lautan, di udara, di ladang, tempat-tempat tinggal. Allah berfirman:
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ ﴿٤١﴾
"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali  (ke jalan yang benar)." (QS. Ar-Rum [31] : 41)
Mujahid berkata, "Apabila orang yang zalim berkuasa, ia akan bertindak zalim dan membikin kerusakan. Sehingga Allah manahan turunnya hujan yang menyebabkan rusaknya tanam-tanaman dan keturunan. Allah tidak menyukai kerusakan.

Kedua, maksiat terjadinya gempa.
Di antara pengaruh maksiat terhadap bumi ialah, terjadinya gempa atau goncangan dan hilangya berkah. Rasulullah shallahu alaihi wassalam, pernah melewati reruntuhan perkampungan kaum Tsamud. Beliau melarang para sahabat memasuki reruntuhan perkampungan itu, kecuali dengan menangis. Beliau juga melarang meminum air mereka, dan memberi minum binatang-binatang dari sumur-sumur mereka.

Ketiga, maksiat menimbulkan pengaruh kesialan.
Imam Ahmad dalam kitabnya Al-Musnad menuturkan kutipan sebuah hadist, "Aku mendapatkan dalam tempat penyimpanan salah satu Dinasti Bani Umayyah, sebiji gandum sebesar butir korma. Ia berada di dalam sebuah kantong yang bertuliskan: "Ini akan
tumbuh pada zaman keadilan". Banyak bencana yang diturunkan oleh Allah Ta'ala akibat dari perbuatan dosa yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya.

Keempat, maksiat berpengaruh terhadap rupa dan bentuk.
Imam Tirmidzi dalam kitabnya al-Jami' meriwayatkan sebuah hadist dari Rasulullah shallahu alaih wassalam, yang menyatkan sesunguhnya beliau bersabda,"Allah menciptakan Adam yang tingginya di langit mencapai enam puluh hasta. Lalu berangsur-angsur menyusut hingga seperti sekarang".
Apabila Allah ingin membersihkan bumi dari tindak kezaliman,kejahatan, dan pengkhianatan, Dia akan mengeluarkan seorang hamba-Nya dari kalangan keluarga Nabi-Nya Muhammad shallahu alaihi wassalam, lalu Dia memenuhi bumi dengan keadilan tidak
seperti sebelumnya yang penuh kejahatan.

Kelima, maksiat dapat memadamkan api ghirah.
Sesungguhnya ghirah atau cemburu adalah lambang kehidupan hati dan sumber kemaslahatannya. Membaranya api ghirah itu, seperti panasnya insting bagi kehidupan seluruh raga. Jika seorang merasa antipati terhadap dosa, dari hatinya akan keluar ghirah
yang kuat terhadap dirinya sendiri, terhadap keluarganya dan terhadap orang lain. Tetapi, kalau ghirah di hati lemah, ia tidak mau menganggap buruk sesuatu yang jelas-jelas buruk.
Jika sudah pada tingkatan seperti itu, maka ini adalah pertanda kehancuran. Banyak orang yang tidak mau menganggap kezaliman dan kejahatan sebagai sesuatu yang buruk. Bahkan sebaliknya menganggap sesuatu yang baik. Semua karena maksiat.

Keenam, maksiat menghilangkan rasa malu di hati.
Rasa malu adalah pangkal seluruh kebajikan. Jika rasa malu hilang, maka hilang pula seluruh kebajikan. Rasulullah shallahu alaihi wassalam, "Rasa malu seluruhnya adalah kebajikan".
Sesungguhnya dosa dapat memperlemah rasa malu seseorang, bahkan terkadang bisa melenyapkannya secara total. Sehingga ia sudah tidak mau peduli dan terpengaruh terhadap keadaan dirinya yang dilihat serta diketahui banyak orang. Sekalipun sudah banyak
orang yang menegurnya.

Ketujuh, maksiat melemahkan semangat hati seseorang untuk mengagungkan Allah.
Sesungguhnya perbuatan maksiat itu dapat melemahkan penghormatan seseorang kepada Tuhannya, dan hal ini sudah pasti terjadi. Mau tida mau. Sepanjang seseorang masih mau
menghormati dan mengagungkan Allah, ia tidak akan berani berbuat maksiat kepadanya.

Kedelapan, maksiat menghilangkan rasa takut kepada Allah dalam hati.
Akibat perbuatan maksiat, Allah akan mencabut rasa takut kepada-Nyadari hati seseorang. Karena ia sudah berani mengabaikan perbuatan maksiat, maka Allahpun membalas dengan
mengabaikannya. Sepanjang seorang hamba mau mencintai Allah, ia akan tetap dicintai oleh manusia. Sepanjang ia segan kepada Allah, ia pun akan disegani oleh mereka.
...وَمَن يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِن مُّكْرِمٍ...
"Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak ada seorang pun yang memuliakannya". (QS. Al-Hajj [22] : 18)

Kesembilan, maksiat mengeluarkan seorang hamba dari wilayah ihsan dan terhalang untuk memperoleh pahala orang-orang yang berbuat baik.
Sesungguhnya apabila kebaikan bersemayam di dalam hati seseorang, ia akan mencegahnya dari berbuat maksiat. Sehingga, kalau sedang menyembah Allah, ia seakan-akan melihat-Nya. Hal itu terjadi karena hatinya selalu mengingat, mencintai, dan berharap-harap cemas kepada Allah, sehingga seolah-olah ia dapat menyaksikan-Nya.
"Sesungguhnya permohonan ampunan para Malaikat pemikul Arasy".  (QS. Al-Mukminun [40] : 7)

Kesepuluh, maksiat melemahkan perjalanan hati kepada Allah dan negeri akhirat.
Perbuatan maksiat itu dapat menghambat, atau bahkan menghentikan, atau membatalkan perjalanan ke arah tujuan yang mulia. Sehingga, tidak akan ada langkah barang setapak pun ke sana. Malah celakanya bisa mengundurkan langkah ke belakang.
Dosa itu bisa mematikan hati, atau bisa membuatnya menderita suatu penyakit yang sangat mengerikan, atau yang pasti ia akan melemahkan kekuatannya sehingga, dapat menimbulkan delapan hal negatif, yang Nabi shallahu alaihi wassalam, selalu memohon
perlindungan daripadanya, yakni bingung, sedih, lemah, malas, pengecut, kikir, rongrongan hutang, dan pemaksaan orang kuat.
Dosa adalah faktor utama yang seseorang mengalami ke delapan hal tesebut, disamping dapat mendatangkan situasi yang genting.

Kesebelas, maksiat dapat menghilangkan kenikmatan dan mengundang siksa.
Dosa faktor utama yang paling potensial menghilangkan nikmat dari seseorang dan mengundang murka atau siksaan Allah. Firman Allah:
وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ ﴿٣٠﴾
"Dan apa saja musibah yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri. Dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahan kalian)". (QS. Asy-Syura [42] : 30)
Meskipun, demikian masih banyak manusia yang tidak mau meninggalkan dosa dan maksiat, yang akhirnya menimbulkan penyesalan di hari akhirat.

Wallahu'alam.
www.eramuslim.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis-Hadis Shahih Seputar Haji Dan Umrah

بسم الله الرحمن الرحيم HADITS-HADITS SHAHIH SEPUTAR HAJJI MABRUR & ‘UMRAH 1.        SEGERA HAJJI BILA ADA KEMAMPUAN عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَرَادَ الْحَجَّ فَلْيَتَعَجَّلْ Dari Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang hendak berhajji, maka hendaknya ia bersegera." HR Abu Dawud 1472, shahih.                 Ibnu Majah menambahkan: فَإِنَّهُ قَدْ يَمْرَضُ الْمَرِيضُ وَتَضِلُّ الضَّالَّةُ وَتَعْرِضُ الْحَاجَةُ “Karena mungkin akan terserang penyakit, tersesat atau terku ng kung / terkurung kebutuhan." HR Ibnu Majah 2874, shahih.                 Riwayat Ahmad dengan redaksi lain yaitu: تَعَجَّلُوا إِلَى الْحَجِّ يَعْنِي الْفَرِيضَةَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي مَا يَعْرِضُ لَهُ "Segeralah kalian melaksanakan hajji yakni kewajiban hajji, karena salah seorang dari kalian tidak mengetahui apa yang akan terjadi

Akal Dalam Pandangan Islam

Di antara makhluk Allah lainnya, manusia merupakan makhluk yang paling istimewa. Kelebihan manusia terletak pada akalnya. Dengan akal, manusia menjadi makhluk yang brilian, mampu mengungguli hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya. Namun demikian, akal terkadang membawa bencana bagi manusia akibat tidak digunakan pada tempatnya. Akal yang keluar dari tugasnya laksana kereta yang keluar dari rel, menjerumuskan manusia ke jurang kesengsaraan. Tulisan ini akan mengungkap secara singkat rel akal tersebut. SEKILAS TENTANG AKAL Secara bahasa : Kata akal berasal dari bahasa arab ‘aqala-ya’qilu-aqlun yang bermakna menahan atau mencegah (al man’u). Dikatakan ‘aqala dawaun bathnahu maknanya obat menahan (mengobati) perutnya. Selanjutnya kata aqal dipakai untuk beberapa arti lain, seperti batu (al hajaru), melarang (an nahyu), diyat (denda) karenaseorang pembunuhaa enggiing unta ke rumah kel

Langkah Mudah Para Salaf Mentadaburi Alquran

Para salaf sangat memperhatikan Al-quran. Dimulai dari masa sahabat ketika mereka bersama nabi hingga berakhirnya sebaik-baik kurun. Salah satu perhatian mereka yaitu dengan mentadaburinya serta menghayati makna kandungan ayat. Sehingga ada diantara mereka menghayati dan mentadaburi satu surat membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tidak ukup hanya sekilas dan sepintas bacaan  saja, bahkan sebagian mereka menghabiskan waktu hingga 12 tahun. Demikian dalamnya tadabbur mereka terhadap ayat-ayat Al-quran hingga menimbulkan  kesan  yang sangat dalam  dihati. Ketika membaa ayat Al-quran dan melewati ayat-ayat yang menggambarkan keindahan mereka gembira, mengharap untuk bias meraihnya. Sebaliknya jika melewati ayat-ayat yang meneritakan kesediahan, azab dan siksa, mereka bersedih menangis karena takut kepada Allah  akan azab itu. Allah menggambarkan para sahabat dalam sebuah ayat: وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَر