Langsung ke konten utama

Saad Bin Abi Waqash

Jika kita menelaah sejarah panjang umat Islam, akan kita dapatkan begitu banyak pahlawan-pahlawan Islam. Mereka adalah tokoh-tokoh Islam yang layak dijadikan teladan karena keimanan dan pembelaannya terhadap agama Allah. Salah satu diantara sekian banyak pahlawan Islam itu terdapat nama Sa'ad bin Abi Waqqash, salah seorang sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga dan bergelar pahlawan Islam. Ia digelari pahlawan Islam karena peristiwa-peristiwa besar yang dilaluinya, lembaran jihad dan kisah kepahlawanan yang di ukirnya serta ketegaran yang dimilikinya.{jcomments on}


Kepahlawanan Sa'ad sudah nampak sejak pertama kali masuk Islam. Ibunya me nentang keras keislamannya hingga melakukan mogok makan, mogok minum dan mogok bicara sampai pingsan. Namun itu tidak menggentarkan keimanannya, bahan ia berkata kepada ibunya, "Wahai ibu, Demi Allah seandai nyapun engkau memiliki seratus nyawa, dan keluar satu demi satu, aku tetap tidak akan meninggalkan agamaku ini. Kalau ibu mau makanlah, atau kalau tidak maka janganlah makan." Setelah menyaksikan keteguhan anaknya dalam memeluk agama barunya itu sang ibu kemudian kembali makan, minum dan berbicara seperti sedia kala.

Kepahlawanan Sa'ad juga terlihat dari kedudukannya sebagai orang pertama yang menumpahkan darah di jalan  Allah. Peristiwanya terjadi di masa-masa awal Islam. Saat itu orang-orang musyrik Makkah mengejek Islam dan kaum muslimin, maka Sa'ad me ngambil tulang rusuk unta dan memukul salah seorang dari mereka hingga berdarah.
Sa'ad juga dikenal sebagai orang pertama yang memanah di jalan Allah. Pada tahun pertama hijrah, Rasulullah mengutus sepasukan kaum muslimin di bawah pimpinan Ubaidah bin Al-Harits berjumlah enam puluh orang,  Sa'ad termasuk di dalamnya. Misi mereka adalah mengamati serombongan kafilah Quraisy yang dipimpin Abu Sufyan. Namun per tempuran tak terelakkan karena kafilah Quraisy itu menyerang pasukan kaum muslimin, dan Sa'ad menyambut serangan itu dengan panahnya, "Aku adalah orang Arab pertama yang melepaskan anak panah di jalan Allah," ujarnya dengan bangga.

Kepahlawanan Sa'ad yang paling nyata tentulah karena keberanian dan pengorbananya di setiap peperangan yang diikutinya. Dalam perang Badar Sa'ad memilih berjalan kaki baik ketika berangkat dari Madinah menuju Badar maupun sebalik nya. Pilihan Sa'ad ini dikarena kan saat itu kaum muslimin hanya memilik sedikit tunggangan. Padahal jarak Madinah dan Badar adalah 150 kilometer.

Pada perang Uhud, ketika pasukan kaum muslimin lari kocar-kacir, Sa'ad tetap menjaga Rasulullah dengan beberapa orang sahabat lainnya. Ia terus melepaskan anak panahnya membunuh pasukan kafir Quraisy. Setiap kali melepaskan anak panahnya Sa'ad ber do'a:"Ya Allah inilah panah-Mu, maka lesatkanlah kepada musuhmu", mendengar do'a Sa'ad itu Rasulullah r mem berinya semangat: "Ya Alah kabulkanlah untuk Sa'ad,  Ya  Allah tepatkanlah bidikannya, Panahlah, hai Sa'ad! Panah lah! Ayah dan ibuku men jadi tebusanmu". Sa'ad sangat bangga dengan ucapan Rasulullah ini.

Pada pertempuran ini Ummu Aiman ikut serta untuk memberi minum kepada pasukan yang terluka. Tiba-tiba seorang kafir melemparnya dengan anak panah, hingga dia pun terjatuh dan auratnya terbuka, orang kafir itu pun tertawa. Melihat itu, Rasulullah segera mengambil anak panah dan menyerahkannya kepada Sa'ad, lalu beliau bersabda, "Wahai Sa'ad, lemparkanlah anak panah ini, Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu."

Sa'ad pun melepaskan anak panah dan tepat mengenai leher orang kafir itu, hingga ia pun tewas seketika. Melihat itu, Rasulullah r tertawa, lalu bersabda, "Sa'ad telah me lakukan pembalasan untuk Ummu Aiman, semoga Allah mengabulkan doanya." Sejak saat itu yang menjadi senjata Sa'ad dalam setiap peperangan nya adalah "anak panah yang diberkahi" dan "doa yang dikabulkan."

Puncak kepahlawanan Sa'ad terlihat nyata pada perang Qadisiyah, dimana ia menjadi komandan perangnya dan memimpin pasukan sebanyak tiga puluh tiga ribu orang. Pada peperangan di zaman Khalifah Umar Bin Khattab itu kaum muslimin menghadapi pasukan Parsi dibawah pimpinan Rustum dengan jumlah pasukan se banyak seratus dua puluh ribu orang.

Sebelum peperangan ter jadi Rustum mengajak Sa'ad untuk berunding, maka Sa'ad mengutus beberapa orang sahabatnya untuk berunding. Namun karena keangkuhan Rustum perundingan itu tidak menghasilkan apa-apa.

Salah seorang delegasi kaum Muslimin kemudian berkata, "Sesungguhnya Allah telah memilih kami untuk mem-bebaskan hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya dari pemujaan berhala kepada pengabdian terhadap Allah Ta'alaa, dari kesempitan dunia kepada keluasannya, dan dari ke dhaliman pihak penguasa kepada keadilan Islam. Maka siapa yang bersedia menerima itu dari kami, kami terima pula kesediaannya dan kami biarkan mereka. Tetapi siapa yang memerangi kami, kami perangi pula mereka hingga kami mencapai apa yang telah dijanjikan Allah". "Apa yang telah dijanjikan Allah itu?" tanya Rustum. "Surga bagi kami yang mati syahid, dan kemenangan bagi yang masih hidup," jawab utusan tersebut. Mendengar jawaban itu Rustum malah memutuskan mengangkat senjata untuk berperang dengan pasukan kaum muslimin.

Ketika pertempuran akan berlangsung, Sa'ad terkena penyakit Irqun Nasa, semacam penyakit rematik dan benjolan serta bisul di sekujur tubuh. Namun penyakit itu tidak menyurutkan langkahnya, ia tetap memimpin pasukan dari atas tempat tidur sambil berbaring karena rasa sakit yang luar biasa. Ia mengobar- kan semangat pasukannya dengan khutbah-khutbahnya yang penuh semangat. Salah satu khutbahnya adalah:

"Sesungguhnya Allah adalah hak, tiada sekutu bagiNya dalam kekuasaan -Nya, dan tiada yang bisa membantah firman-Nya. Allah telah berfirman:"Dan sungguh telah kami tulis di dalam Zabur setelah tertulis di dalam Adz-Dzikr (Lauh Mahfudz), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang shaleh." Sesungguhnya ini adalah warisan yang dijanjikan oleh Tuhan kalian ia telah menghalalkannya sejak tiga tahun yang lalu."

Pertempuran Qadisiyah berlangsung selama empat hari tiga malam dengan amat dahsyat. Pertempuran ini berakhir setelah kaum muslimin berhasil membunuh Rustum. Korban dari pihak musuh berjumlah lima puluh ribu orang sementara dari pasukan muslim sebanyak delapan ribu syuhada. Kemenangan besar itu segera disampaikan Sa'ad kepada Khalifah Umar bin Khattab. Kaum muslimin pun bersuka cita atas kemenangan ini.

Ketika sedang sakaratul maut, Sa'ad berwasiat agar ketika meninggal nanti ia dikafani dengan kain yang dipakainya saat bertempur di perang Badar. Ia wafat pada tahun 55 H di usia 80 tahun di rumahnya di pinggiran kota Madinah. Sa'ad merupakan sahabat muhajirin terakhir yang wafat dengan meninggalkan teladan kepahlawanan yang amat mengagumkan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis-Hadis Shahih Seputar Haji Dan Umrah

بسم الله الرحمن الرحيم HADITS-HADITS SHAHIH SEPUTAR HAJJI MABRUR & ‘UMRAH 1.        SEGERA HAJJI BILA ADA KEMAMPUAN عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَرَادَ الْحَجَّ فَلْيَتَعَجَّلْ Dari Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang hendak berhajji, maka hendaknya ia bersegera." HR Abu Dawud 1472, shahih.                 Ibnu Majah menambahkan: فَإِنَّهُ قَدْ يَمْرَضُ الْمَرِيضُ وَتَضِلُّ الضَّالَّةُ وَتَعْرِضُ الْحَاجَةُ “Karena mungkin akan terserang penyakit, tersesat atau terku ng kung / terkurung kebutuhan." HR Ibnu Majah 2874, shahih.                 Riwayat Ahmad dengan redaksi lain yaitu: تَعَجَّلُوا إِلَى الْحَجِّ يَعْنِي الْفَرِيضَةَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي مَا يَعْرِضُ لَهُ "Segeralah kalian melaksanakan hajji yakni kewajiban hajji, karena salah seorang dari kalian tidak mengetahui apa yang akan terjadi

Akal Dalam Pandangan Islam

Di antara makhluk Allah lainnya, manusia merupakan makhluk yang paling istimewa. Kelebihan manusia terletak pada akalnya. Dengan akal, manusia menjadi makhluk yang brilian, mampu mengungguli hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya. Namun demikian, akal terkadang membawa bencana bagi manusia akibat tidak digunakan pada tempatnya. Akal yang keluar dari tugasnya laksana kereta yang keluar dari rel, menjerumuskan manusia ke jurang kesengsaraan. Tulisan ini akan mengungkap secara singkat rel akal tersebut. SEKILAS TENTANG AKAL Secara bahasa : Kata akal berasal dari bahasa arab ‘aqala-ya’qilu-aqlun yang bermakna menahan atau mencegah (al man’u). Dikatakan ‘aqala dawaun bathnahu maknanya obat menahan (mengobati) perutnya. Selanjutnya kata aqal dipakai untuk beberapa arti lain, seperti batu (al hajaru), melarang (an nahyu), diyat (denda) karenaseorang pembunuhaa enggiing unta ke rumah kel

Langkah Mudah Para Salaf Mentadaburi Alquran

Para salaf sangat memperhatikan Al-quran. Dimulai dari masa sahabat ketika mereka bersama nabi hingga berakhirnya sebaik-baik kurun. Salah satu perhatian mereka yaitu dengan mentadaburinya serta menghayati makna kandungan ayat. Sehingga ada diantara mereka menghayati dan mentadaburi satu surat membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tidak ukup hanya sekilas dan sepintas bacaan  saja, bahkan sebagian mereka menghabiskan waktu hingga 12 tahun. Demikian dalamnya tadabbur mereka terhadap ayat-ayat Al-quran hingga menimbulkan  kesan  yang sangat dalam  dihati. Ketika membaa ayat Al-quran dan melewati ayat-ayat yang menggambarkan keindahan mereka gembira, mengharap untuk bias meraihnya. Sebaliknya jika melewati ayat-ayat yang meneritakan kesediahan, azab dan siksa, mereka bersedih menangis karena takut kepada Allah  akan azab itu. Allah menggambarkan para sahabat dalam sebuah ayat: وَإِذَا سَمِعُوا مَا أُنزِلَ إِلَى الرَّسُولِ تَرَىٰ أَعْيُنَهُمْ تَفِيضُ مِنَ الدَّمْعِ مِمَّا عَر