Langsung ke konten utama

Pesan Moral Ibadah Shiyam

Ramadhan kembali datang, bulan penuh rahmat, barakah dan ampunan.  Kembali  akan terlihat anak-anak bersama ayah ibunya, paman, bibi dan saudara lainnya,  berbarengan berjalan menuju masjid, mushalla dan langgar terdekat untuk melaksanakan shalat Tarawih. Pasar juga mengalami perubahan suasana, ketika tingkat belanja para ibu rumah tangga meningkat. Maklum saja, selalu ada dan seakan harus diupayakan belanja tambahan untuk melengkapi acara buka Ramadhan dan sahur pada dini hari.Sekilas  bangsa Indonesia memang akan mengalami perubahan suasana ketika memasuki bulan puasa. Media massa, baik cetak mau pun elektronik berlomba menyajikan tayangan berbau agama.     Para artis pun yang sehari-hari biasanya berpakaian seksi mendadak berubah memakai pakaian tertutup dan bersikap lebih santun.Inilah pemandangan yang berkembang dan tumbuh pada setiap kedatangan Ramadhan. Sesuatu yang manusiawi namun tak boleh dibiarkan mandeg, berhenti sekedar sebagai simbol belaka. Harus ada proses menuju  nilai Ramadhan sesungguhnya; nilai Ramadhan yang sejalan ajaran Allah Ta'alaa dan Rasulullah saw.
{jcomments on}      Adalah tindakan mubazir bila kegiatan luar biasa besar itu dibiarkan berlangsung hanya sebatas tontonan.  Apalagi ketika disadari sepenuhnya,  ternyata Ramadhan menyimpan  pesan moral luar biasa, yang dapat menjadi   obat, bagi   bangsa   Indonesia, yang saat ini sedang terpuruk dalam berbagai bidang.
       Beruntunglah, bangsa Indonesia yang penduduknya mayoritas beragama Islam, yang memiliki ajaran ibadah puasa. Melalui ibadah selama sebulan penuh itu, proses penyegaran kemanusiaan, nilai-nilai moral dan kepedulian sosial dapat tumbuh berkembang sehingga memberikan  masukan positif bagi kepentingan bangsa yang sedang mengalami banyak masalah ini.

Kesadaran Kekuasaan
    Tidak ada yang perlu dipertentangkan antara syariah dan subtansi Ramadhan  dengan dampak kultural yang ditimbulkannya. Yang perlu dilakukan bagaimana me-manfaatkan momen pem-binaan moral bersifat individual itu sebagai energi massal yang dapat memberikan nilai konstruktif bagi peningkatan kualitas kemanusiaan.  Se-hingga pembinaan moral lewat puasa,kegiatan-kegiatan penunjang Ramadhan termasuk pula aksesoris yang meng-iringinya yang diakui menelan biaya tinggi, tidak mubazir dan memberikan manfaat besar.
      Karena bersifat massal tentu saja diperlukan  pengatur dan penata kreatif untuk memaksimalkan momen Ramadhan itu. Secara sosiologis kekuasaanlah yang dapat berperan penting menata energi moral massal itu.
     Tentu dalam konteks ini tidak bermakna sebagai sikap ikut campurnya kekuasaan pada persoalan ibadah puasa. Kekuasaan pada titik ini menempatkan diri sebagai kekuatan kreatif  untuk mengelola dan menjadikan energi dari hasil pembinaan itu sebagai nilai-nilai segar untuk perbaikan nilai kemanusiaan.
   Sekurangnya, kekuasaan  perlu menjadikan momen  Ramadhan sebagai titik balik pembenahan dan pembersihan kekuasaan dari nilai-nilai manipulatif. Nuansa moral yang berkembang saat Ramadhan disegarkan berkesinambungan lewat i’tikad serius dari kekuasaan untuk melaksanakan penegakan moral yang wujud kongkritnya tercermin pada pelaksanaan penegakan hukum.Terasa lebih mudah menggalang masyarakat untuk sungguh-sungguh melaksanakan penegakan hukum ketika atmosfir  proses pembenahan moral diri sedang terjadi. Ketika masyarakat sedangberusaha membersih-kan diri melalui puasa, masyarakat akan mudah digerakkan untuk melaksanakan pembersihan sosial lewat kesungguhan penegakan hukum. Tentu saja, tidak ada proses melibatkan masyarakat mentaati hukum yang lebih baik selain diperlihatkan dari kepeloporan para elite pemegang kekuasaan.
   Semangat sebagaimana ditegaskan Al Qur'an bahwa Ramadhan bertujuan me-ningkatkan ketaqwaan manusia, memperbaiki kualitas moral manusia diefektifkan dalam bentuk kebijakan publik dari kekuasaan yang praktik  langsungnya diawali dari ketaatan para pemimpin. Dengan demikian proses peningkatan moral  telah tumbuh dan menemukan areal pengembangan sehingga secara signifikan mengalami peningkatan.
   
Kepedulian
   Sudah menjadi rahasia umum, belakangan ini masyarakat Indonesia me-nyaksikan akrobat para  elite yang sama sekali kurang memperlihatkan kepedulian kepada kondisi rakyat, yang sedang nestapa. Pembangunan gedung DPR super mewah; manipulasi dan praktek percaloan anggaran, serta yang terakhir temuan  Kementerian Dalam  Negeri tentang tunjangan para pejabat di daerah yang sangat  tidak proporsional;  merupakan deretan kecil tentang sepak terjang para elit, yang kurang peduli pada kondisi rakyat.
  Rasa lapar selama menjalankan ibadah puasa, yang terkondisikan secara kultural,  diharapkan dapat mem-bangkitkan kepedulian dan mengubur  sikap me-mentingkan diri serta  mampu menumbuhkan moralitas kepemimpinan para elite. Bahwa rakyat itu,  hidup terlunta dan berbelit rasa lapar sepanjang waktu. Dan seorang pemimpin, harus mewujudkan ke-nyamanan rakyatnya terlebih dahulu, sebelum memenuhi kebutuhan dirinya.
     Sebenarnya rasa lapar bukan tujuan puasa. Rasa lapar merupakan semacam praktik lapangan tentang bagaimana kondisi nestapa, rasa lapar dan haus, serta serba kekurangan bila terasakan. Proses ini penting bagi para elite pemimpin, agar tumbuh rasa cinta serta kasih sayang  untuk selalu memberikan yang terbaik pada rakyat yang dipimpinnya.
         Jika rasa cinta dan sayang kepada rakyat  tak ada, jangan berharap keadilan akan datang. Para pejabat hanya akan menjadikan kemiskinan, rasa lapar dan penderitaan rakyatnya hanya sebagai tontonan; hanya menjadi komoditas politik, untuk kepentingan kelanggeng-an kekuasaan.    
   Alangkah indah bila Ramadhan yang dilaksanakan umat Islam Indonesia tahun ini mampu mencapai subtansinya dan tidak hanya sekedar melingkar-lingkar di tataran permukaan atau sekedar aksesoris. Akan  sangat banyak perubahan sikap konstruktif yang diharapkan muncul dari masyarakat Indonesia setelah menunaikan ibadah puasa.


Miqdad Husein/Dewan Dakwah DKI Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis-Hadis Shahih Seputar Haji Dan Umrah

بسم الله الرحمن الرحيم HADITS-HADITS SHAHIH SEPUTAR HAJJI MABRUR & ‘UMRAH 1.        SEGERA HAJJI BILA ADA KEMAMPUAN عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَرَادَ الْحَجَّ فَلْيَتَعَجَّلْ Dari Ibnu Abbas, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang hendak berhajji, maka hendaknya ia bersegera." HR Abu Dawud 1472, shahih.                 Ibnu Majah menambahkan: فَإِنَّهُ قَدْ يَمْرَضُ الْمَرِيضُ وَتَضِلُّ الضَّالَّةُ وَتَعْرِضُ الْحَاجَةُ “Karena mungkin akan terserang penyakit, tersesat atau terku ng kung / terkurung kebutuhan." HR Ibnu Majah 2874, shahih.                 Riwayat Ahmad dengan redaksi lain yaitu: تَعَجَّلُوا إِلَى الْحَجِّ يَعْنِي الْفَرِيضَةَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَا يَدْرِي مَا يَعْرِضُ لَهُ "Segeralah kalian melaksanakan hajji yakni kewajiban hajji, karena salah seorang dari kalian tidak mengetahui apa yang akan terjadi

Akal Dalam Pandangan Islam

Di antara makhluk Allah lainnya, manusia merupakan makhluk yang paling istimewa. Kelebihan manusia terletak pada akalnya. Dengan akal, manusia menjadi makhluk yang brilian, mampu mengungguli hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya. Namun demikian, akal terkadang membawa bencana bagi manusia akibat tidak digunakan pada tempatnya. Akal yang keluar dari tugasnya laksana kereta yang keluar dari rel, menjerumuskan manusia ke jurang kesengsaraan. Tulisan ini akan mengungkap secara singkat rel akal tersebut. SEKILAS TENTANG AKAL Secara bahasa : Kata akal berasal dari bahasa arab ‘aqala-ya’qilu-aqlun yang bermakna menahan atau mencegah (al man’u). Dikatakan ‘aqala dawaun bathnahu maknanya obat menahan (mengobati) perutnya. Selanjutnya kata aqal dipakai untuk beberapa arti lain, seperti batu (al hajaru), melarang (an nahyu), diyat (denda) karenaseorang pembunuhaa enggiing unta ke rumah kel

Zakat Perkebunan Kelapa Sawit dan Karet

Zakat kelapa sawit dan karet tidak dijelaskan di dalam al-Qur’an dan hadist, oleh karenanya, para ulama berbeda pendapat di dalam menyikapinya :            Pendapat Pertama : bahwa kelapa sawit dan karet termasuk dalam katagori zakat pertanian, sebagaimana pendapat Abu Hanifah yang mewajibkan zakat bagi seluruh yang keluar dari muka bumi, dan tidak disyaratkan haul ( berlangsung satu tahun ) dan nishab, artinya sedikit dan banyak harus dizakati.             Dasarnya sebagai berikut : Pertama : firman Allah : ……….. ومما أخرجنا لكم من الأرض   ( Qs al-Baqarah : 267 ) Kedua : firman Allah : ……. واتوا حقه يوم حصاده ( Qs al-An’am : 141  ) Ketiga : sabda Rasulullah : فيما سقت السماء ......           Berdasarkan ayat-ayat dan hadist di atas, maka kelapa sawit dan karet wajib dikeluarkan zakat darinya setiap panen berapapun jumlahnya dan tidak perlu menunggu satu tahun. Adapun jumlah yang harus dizakati adalah 5% jika ada perawatan seperti penyiraman dan